Tips cari kerja khususnya untuk fresh graduate sangatlah penting, karena langkah awal yang bisa kamu ambil setelah lulus kuliah adalah mencari pekerjaan.
Namun, sebagai seorang fresh graduate atau lulusan baru, kamu tentu perlu mempersiapkan banyak hal untuk mencari kerja.
Hal terpenting kamu perlu cari adalah informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan passion kamu.
Selain itu, sebagian lulusan baru biasanya telah memiliki target karir untuk bekerja di posisi atau perusahaan tertentu.
Sementara sebagian lainnya justru memilih berkarir lintas jurusan, keraguan inilah yang menjadi faktor penentu kamu mendapatkan pekerjaan.
Daftar Isi
- 9 Tips Cari Kerja untuk Lulusan Baru
- 1. Tanya Lowongan pada Alumni yang Sudah Bekerja
- 2. Ikuti Job Fair
- 3. Mengikuti Walk in Interview
- 4. Ikuti Bursa Kerja Legal
- 5. Manfaatkan Aplikasi Pencarian Kerja Online
- 6. Ikut Program Magang
- 7. Membuat CV yang Menarik
- 8. Bangun Personal Branding di Linkedin atau Sosmed Lain
- 9. Ikuti Kursus untuk Meningkatkan Skill Kekinian
- Butuh Jasa Rekrutmen, Hubungi Sercin
9 Tips Cari Kerja untuk Lulusan Baru
Banyak fresh graduate yang kurang percaya diri untuk melamar pekerjaan karena belum mempunyai pengalaman kerja.
Berikut ini 9 cara cepat dapat kerja untuk fresh graduate seperti kami kutip dari KitaLulus:
1. Tanya Lowongan pada Alumni yang Sudah Bekerja
Cara cari kerja pertama adalah kamu bisa menanyakan info lowongan pekerjaan kepada kakak kelasmu atau juga teman yang sudah bekerja. Peluang para alumni untuk mengetahui lowongan pekerjaan di tempat dia bekerja cukup besar.
Maka dari itu, setelah lulus, penting untuk menjaga hubungan baik dengan kakak-kakak kelas dan teman-teman sebelumnya. Sehingga kamu bisa bertanya kepada mereka apakah ada lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar.
2. Ikuti Job Fair
Bagi kamu yang ingin cepat kerja setelah lulus, cobalah untuk mendatangi job fair. Job fair adalah acara di mana banyak perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. Acara ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari kerja di lebih dari satu perusahaan sekaligus.
Sedikit tips, saat mendatangi job fair, lebih baik kamu mbawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin.
Tapi tentu saja jangan semua lowongan pekerjaan yang ada kamu lamar, kamu harus memperhatikan lowongan mana yang sekiranya sesuai untuk kamu.
3. Mengikuti Walk in Interview
Mungkin kamu pernah melihat lowongan yang bertuliskan walk in interview. Ini merupakan cara di mana kamu bisa melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dengan langsung ke tahap wawancara hari itu juga.
Bawa semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Usahakan tidak telat saat datang, sehingga pihak HRD dapat menilai kedisiplinan kamu.
4. Ikuti Bursa Kerja Legal
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sering membuka bursa kerja. Bursa kerja legal yang diadakan pemerintah ini tentunya aman karena segala informasi terpercaya dan jelas.
Dengan begitu, kamu akan terhindar dari perusahaan terindikasi penipuan berkedok lowongan kerja.
5. Manfaatkan Aplikasi Pencarian Kerja Online
Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat semua informasi semakin mudah didapatkan. Termasuk juga mengenai lowongan pekerjaan.
Saat ini ada begitu banyak aplikasi yang menyediakan lowongan kerja online, kamu juga dapat memanfaatkan fitur filter untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan yang kamu mau.
6. Ikut Program Magang
Cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat selanjutnya adalah mengikuti program magang. Pasalnya, kamu jadi punya pengalaman bekerja secara langsung di dunia kerja profesional.
Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan soft skill dan hard skill yang kamu miliki. Biasanya rekruter akan cenderung memilih kandidat lulusan baru yang punya pengalaman magang sebelumnya dibanding kandidat yang sama sekali tidak punya pengalaman.
7. Membuat CV yang Menarik
Kalau mau dilirik HRD, surat lamaran kerja dan CV harus dibuat semenarik mungkin. Jika tampilannya biasa saja, kamu akan kalah dengan pelamar lainnya.
Dengan CV yang menarik, setidaknya kamu bisa satu langkah lebih maju dibanding pelamar lainnya. Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan berbagai template CV yang disediakan oleh aplikasi pembuat CV online.
8. Bangun Personal Branding di Linkedin atau Sosmed Lain
Di era digital saat ini, membangun personal branding secara online sangatlah penting. Tak jarang, rekruter akan melakukan background checking untuk menyeleksi kandidat terbaik.
Misalnya, kamu bisa ceritakan pengalaman profesional magang kamu di LinkedIn, atau buat konten video tentang ilmu yang kamu dalami dan mengunggahnya di media sosial.
9. Ikuti Kursus untuk Meningkatkan Skill Kekinian
Zaman semakin maju, maka tak heran jika mulai muncul keahlian-keahlian baru, seperti SEO, project management, dan sebagainya.
Apabila kamu susah mendapat pekerjaan, cobalah pikirkan kondisi sekarang. Kira-kira, apa saja jenis pekerjaan yang banyak dicari perusahaan saat ini? Apakah kamu punya keterampilan yang dibutuhkan dari pekerjaan tersebut?
Jika belum, maka pertimbangkan untuk mengikuti kursus. Dengan begini, kamu bisa lebih cepat mendapat pekerjaan.
Baca juga artikel menarik di bawah ini:
Demikian tips cari kerja dan cara cepat dapat kerja khususnya untuk fresh graduate, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan untuk mencari pekerjaan.
Butuh Jasa Rekrutmen, Hubungi Sercin
Jika Anda membutuhkan agen perektutan, Jasa Rekrutmen, Jasa Headhunter, dan Mass Hiring yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, tidak dapat dipengaruhi (independen) serta hasilnya dapat diandalkan, silahkan hubungi Sercin:
- Phone: (021) 7891910
- WhatsApp: 0812-5777-9040
- Email: halo@sercin.co.id
- Website: Official Website